ads

Minggu, 15 April 2018

Tutorial membuat bonek dengan tehnik macrame

Membuat boneka dengan tehnik macrame ini masih sedikit jarang kita temui di indonesia. Berbeda dengan cara membuat tas macrame. Bagi yang penasaran atau ingin tahu saya bagi beberapa tips membuatnya secara sederhana, tehnik ini yang paling sering di gunakan untuk membuat bonek macrame.
Alat dan bahan
+ Tali cina/kur ukuran sesuai selera,
+ Gunting
+Korek api
Cara membuat boneka macrame:
Potong tali mendaji beberapa bagian

1. untuk membuat kepala dan badan boneka sekitar sebanyak 6 tali /12 (ketika ditekuk) sepanjang 45 cm
 jumlahnya 6 tali, setelah ditekuk jadi 12 tali. Cara membuatnya, tinggal memasukkan ujung tali kebagian yang lainnya sehingga mengikat dengan sendirinya. 

2. Menambahkan tali sebagai palang untuk melilit 12 tali yang sudah dibuat sebelumnya
 total jumlah tali jadi 13 buah dengan palngnya. Penambahan 1 tali sebagai palang untuk melilit 12 tali.

3. Potong tali sebagai tambahan sejumlah 18 buah tali dengan panjang 20 cm.
tambahkan 6 buah tali diantara dua tali di sampingnya, caranya dengan menambahkan lilitan pada palang. Tali yang akan di tambahkan sebanyak 18 buah, pada bagian pertama sudah di tambahkan 6 buah tali sisanya tinggal 12 tali.
 hasilnya setelah di lilit dengan penambahan tali sejumlah 6 buah.

4. Menambahkan 6 tali lanjutannya
 kemudian tambahkan lagi 6 tali selanjutnya caranya sama seperti yang pertama tadi. Sisa tali yang akan di tambahkan tinggal 6 buah tali.

5. Menambahkan 6 tali terakhir
 tali ke 6 yang di tambahkan. Berarti sudah 18 tali total penambahan. Dan ada 30 tali yang dililit 1 tali sebagai palang. Untuk membuat yang lebih besar, silahkan menambahkan tali yang lebih banyak, tapi ingat hitungannya harus genap biar mudah di hitung dan presisi dibagian kiri dan kanannya.
 hasil lilitan 30 tali.


6. Kemudian menambahkan 6 buah tali lagi sepanjang 20 cm. 
 penambahan 6 tali, jadi jumlah tali yang dililit 36 buah.

7. Menambahkan tali sepanjang 15 cm 6 buah
 tali yang dililit sejumlah 42 buah tali dan 1 palang.

8. Menambahkan 6 tali lagi 
  jumlah tali yang dililit sebanyak 48 buah tali. Total jumlah penambahan sebanya 36 tali dengan talu awal sebanyak 12 buah.
 hasil lilitan 48 tali. 

9. Langkah selanjutnya adalah mengurangi jumlah lilitan sampai sisa hanya 18 tali saja, jumlah tali yang di kurangi sebanyak 30 buah, setiap 1 kali putaran dikurangi 6 tali, jadi selama 5 kali putaran akan berkurang sebanyak 30 buah tali.
 jadinya akan mengecil dibagian bawah seperti ini.

 sisa tali hanya tinggal 18 buah dengan 1 palang.

10. Membuat badan boneka. 
 tali yang digunakan sejumlah 18 buah dengan tambahan 6 buah tali sepanjang 12 cm/tali. Cara menambahkannya saja di tambhkan saat di lilit seperti cara yang atas. Talinya tinggal dipisah menjadi tiga-tiga, kemudian tambhkan 1 tali masing-masing pada sebelahnya, total tali yang di tambahkan berjumlah 6 buah.

 kemudian lilit sampai 3 tingkatan

11. Menambahkan 6 tali lagi untuk membuat badan boneka lebih besar.
 total jumlah tali 30 buah tali.
 kemudian dililiy sampai 6x tingkatan.

12. Mengurangi tali untuk mepersempit bagian bawah.
 caranya sama seperti di atas. Kurangi 6 tali tiap 1 lilitan putar, jadi jumlah lilitan sebanyak 5 x tingkatan, sampai habis tali terakhir.
 hasil jadi bagian bawah.

13. Membuat bagian telinga boneka
 potong tali sebanyak 4 buah/8 tali setelah ditekuk. Kemudian lilit bagian membentuk segi 4 dan tutup bagian pinggirnya untuk membuat bentuk telinya. Caranya pernah saya posting sebelumnya.

 lakukan hal yang sama untuk membuat telinga sebelahnya.

14. Membuat bagian tangan boneka
Potong tali sebangak 4 buah sepanjang 25 cm/tali/ ketika ditekuk talu berjumlah 8 buah. Kemudian selipkan pada bagian antara leher dan badan boneka lalu lilit sebanyak 6x tingkatan. Dan tutup pada bagian akhirnya dengan 5x lilitan. Jadi total sebanyak 11x tingkatan lilitan.




15. Membuat bagian kaki boneka
Potong tali sebanyak 4 buah sepanjang 25 cm /8 buah setelah di tekuk. Selipkan talinya pada bagian bawah badan boneka, anyam melingkar sampai 6 kali tingkatan. Kemudian tambahkan 2 tali untuk membuat bagian bawah kaki terlihat lebih besar.  Dan tutup dengan 5x tingkatan lilitan. 






Semua bagian boneka sudah selesai di buat tinggal memasang bagian mata, hidung dan mulut. Silahkan berkreasi sesuai selera. Selamat mencoba dan semoga di permudah. 
Credit asli tutorial by bianzhile.com. 



















Tidak ada komentar:

Tas macrame dan cara membuatnya

 Kemarin banyak yang tanya tentang mahalnya bahan tas macrame, nih di hom kita ada solusinya mom, bekerjasama dengan shopee ini dia beberapa...