ads

Kamis, 22 Maret 2018

Cara membuat kebaya kutu baru

Belajar ilmu lain selain macrame, boleh dong ya. Hari ini saya akan memberi sedikit penjelasan tentang kebaya kutu baru ala mb aniarani puti ranua. Cara membuatnya simpel dan mudah sekali. Dijelaskan dengan detile oleh mb aniarani.
Contoh kebaya kutu baru.  Dan cara membiatnya sebagai berikut
Potong pola sesuai dengan ukuran lb.lt, tb dan sebagainya. Pola depannya yang sebelah kanan, pola membuat baju biasa, bedanya dilipat 7 cm (depannya ya yang di lipat), kemudian dibuat pola baju biasa. Pada saat melipat 7 cm, sudah termasuk kampuhnya ya, bisa 1 atau 1,5 cm,
Sementara pada pola belakang, kerung leher jangan diturunkan 2 cm, dibuat datar saja.
Kemudian siapkan kain, tempel pola pada kain dan potong. Bagian yang lebar tidak dipotong tengahnya adalah bagian belakang, sedangkan bagian depannya ada di atasnya. Pada kain merah beri kain pelapis /viselin agar kaku. Ukurannya 4.5 cm saja. Nanti kain kerasnya ikut dijahit, jadi jangan lupa tambahkan kampuh 1 cm, karena nanti akan kena jahitan sekitar 1.2 cm. 
Pada pola bagian depan, bentuknya serong, triknya adalah dengan menaruk pola  dengan posisi serong. Tidak sejajar. 
Kemudian, Jahit pundaknya terlebih dahulu, kemudian pasang kain merah keseluruh bagian depan kebaya. Kemudian pasang kutubarunya (kain yang menempel di dada)
Prose pemasangan kain merah yang dilapisi viselin.
Kemudian yang terakhir adalah memasang lengan kebaya kutu baru.  Kebaya yang cantik nan mengemaskan siap di bawa kepesta. Bagus dan cantik bukan. Nah coba deh dibikin di rumah, siapkan mesin jahit, beli kainnya. Soalnya kalau beli bisa mahal loh harganya. 

 Tampak belakang kebaya.
Kalau hari gini masih bilang susah jahitnya. Mahal mesinnya, tapi beli mekup, beli baju tiap bulan sanggup. Kalau tidak bisa makanya belajar. Kursus atau belajar lewat internet gratis bisa. Jadi jangan bilang tidak bisa. Karena setiap ada niat pasti ada jalan. Sekian dan terimakasih pemirsah.




Tidak ada komentar:

Tas macrame dan cara membuatnya

 Kemarin banyak yang tanya tentang mahalnya bahan tas macrame, nih di hom kita ada solusinya mom, bekerjasama dengan shopee ini dia beberapa...