ads

Selasa, 20 Maret 2018

Cara membuat tas macrame model bohemian, dari tahap awal hingga akhir

Hari ini saya akan membagian tutorial/ cara membuat tas macrame bohemian dari tahap awal sampai tahap akhir. Sehingga teman-teman bisa dimanjakan dengan banyak tutorial setiap harinya.
 Sudah siap dengan tali dan peralatan lainnya?
Yuk simak tutorialnya dibawah ini
Contoh hasil tas yang akan kita buat.

Alat dan bahan yang dibutuhkan
+ Tali kur/tali cina/tali katun (dalam contoh), kalau kesulitan mencari bahan, teman-teman bisa langsung mengunjungi ig ini Houseofmacrame lengkap beserta furing-furingnya, dan bisa request ukuran juga
+ Manik+manik lubang macrame
+Korek api
+Gunting
+Jarum tapestri 7 cm bisa juga di beli di house of macrame 
Tutorialnya kita bagi 3 ya. Bagian pertama kita akan membuat awalnya terlebih dahulu, bagian ke 2 membuat badan tas, dan bagian ke 3 menutup tas, dan membuat gagang tas.
Ok, kita mulai lagi dengan bagian yang pertama

Membuat, kepala tas dengan tehnik lark head knot. Dengan jumal motif dasar sbanyak 12 buah, jumlah tali 48 biji, panjang pertali sekitar 2.50 m. Kemudian buat motif dasarnya berjumlah 8 tingkatan motif dasar. Cara menghitungnya dengan dihitung miring. Setelah itu buat motif sesuai keinginan, dalam contoh menggunakan motif bundar sederhana. Jumlah bundaran motif yang dibuat adalah 6 bundaran dengan menggunakan 8 tali. Hitungannya seperti ini, tali yang di gunakan berjumlah 48 biji, ketika mmbuat motifnya harus genap tinggal dibagi saja dengan angkan genap, misal 48:4 12, nah kalau membuat motif dengan 4 tali akan ada 12 bundaran, begitu pula sebaliknya 48:8 (tali yang digunakan dalam membuat motif tas)=6 jadi jumlah bundarnya motifnya ada 6 buah. (Sudah paham ya)
Selanjutnya kita simak tutorial dibawah ini
Buatkan ilitan sedikit dibagian bawah motif, untuk memberikan sentuhan tegas pada motif bundar. Sudah nampak seperti anak ikan ya. Kalau sudah berarti anda berhasil.
Anyam lagi sampai panjang yang diinginkan.
Pada bagian di atas, bagian menganyam tutup tas, ditambahkan dengan motif yang sedikit berbeda dengan badan tas. Namun cara membuatnya sama saja,
Anyam ujung tas dengan membuat segitiga pada tutup. Dan bentuk lembaran tas sudah jadi tinggal dilipat menjadi 3 bagian dan lakukan penyambungan pada bagian sisi-sisinya.
Pertama-tama yang harus dilakuak,
-pisahkan dlu bagian tutup dengan badan tas dengan cara memberi tanda.
Kemudian ambil bagian tengah badan tas. Tambahkan 4 pcs tali kur/setara motif dasar. Lakukan penganyaman dengan memasukkan tali motif dasar pada lubang-lubang motif dasar yang ada dibagian pinggir kiri dan kanan.
Kemudian lakukan lagi hal yang sama seperti cara di atas. Untuk mempermudah teman-teman memasukkan tali, bisa dibantu dengan jarum tapestri.

Anyam perbagian hingga selesai dari sampai atas tas, sisa tali yang digunakan tadi, nantinya akan bergna sebagai gagang tasnya.
Yang terkahir adalah pasangkan furing kemudian tas macrame bohemian style bisa dipakai bergaya, ke sekolah atau ke moll (ah).
Yes. Tasku sudah jadi, semoga dipermudah membuat tutorial ini, dan yang buat semoga sehat walfiat, kalau dibuat untuk dijual semoga jualannya laku. Aminnn, doa yang baik-baik buat teman-teman di hari selasa.

Tidak ada komentar:

Tas macrame dan cara membuatnya

 Kemarin banyak yang tanya tentang mahalnya bahan tas macrame, nih di hom kita ada solusinya mom, bekerjasama dengan shopee ini dia beberapa...