ads

Selasa, 20 Maret 2018

Cara membuat handel/ gagang tas macrame dengan motif pagar

Hari ini saya akan membagikan tutorial/cara membuat tas macrame dengan menggunakan selang 1/4 inche dan bahannya bisa diganti dengan talikur/tali cina. Bisa dcoba dirumah ya.
Jangan lupa baca bismillah dahulu sebelum memulai. Atau berdoa berdasarkan keyakinan maaing-masing, selalu ikutkan Allah dalam setiap pekerjaan, agar terasa mudah dan dimudahkan.
Bahan dan alat yang di gunakan sebagai berikut
+Talikur/tali cina
+ Kaitan lonceng. Kalau teman-teman agak susah mencari kaitan loncengnya bisa di klik langsung link yang ini House of macrame

+Gunting
+Korek api untuk finishing
Bagaimana cara membuatnya? Yuk simak tutorial di bawah ini.
Potong tali kurang lebih 3 m/ tali untuk membuat handel sebahu dengan panjang 60 cm
Contoh hasil motif pagar pada handel / gagang tas


Langkah-langkahnya akan dijelaskan secara singkat sebagai berikut ini
Siapkan tali warna-warni, atau dua warna saja, atau 1 warna boleh. Saran saya kalau handelnya warna warni tasnya cukup 1 warna saja. Untuk handel tas yang 1 warna, usahakan tasnya campuran warna.
Oke, mari kita mulai dengan mengikuti tutorial di bawah ini. Siapkan 4/5 tali, atau sesuai dengan keinginan, dua 4 warna merah dan 4 tali wrna hitam, arah  vertikal. Kemudian ambil tali hitam sebagai palang, dan tali merah sebagai lilitan. Cara melilitnya sama 1 tali 2 kali lilitan.
Lilit tali merah sampai habis, lilitannya arah kanan ya,
Kemudian tambahkan talu warna kuning dengan palang tali warna merah , arahnya ke kiri. 
Buat lilitan sampai tali wrna kuning habis, kemudian tambahkan talu warna hijau toska, sebagai palang untuk melilit talu yang warna hitam.
Setelah itu buat lilitan dengan palang yang warna kuning, untuk mwlilit warna hijau toska. Sampai disini semoga mudah di mengerti ya.
Balik arah motif kemudian tambahkan selang 1/4 inche saja, soalnya talikur sudah besar ukurannya, jadi kalau selangnya kebesaran malah jadi wagu gagang tasnya. Atau kalau tidak mau pakai selang tidak di tambahkan isi di dalamnya juga tidak apa-apa.
Setelah selang di tambahkan, ambil tali hitam sebagai palang, dan tali merah sebagai lilitannya.
Kemudian membuat lilitan tali warna hitam dengan palang warna hijau toska.
Tipsnya: lihat arah pagarnya agar berlawanan kalau bingung yang mana jadi palang dan tali mana sebagai lilitan.
Kemudian lanjutkan dengan tali yang selanjutnya. Sampai ukuran selang habis. 
Kemudian yang terakhir adalah menutup gagang tas. Caranya adalah dengan membuat tingkatan pada lilitan, dan sisakan 1 tali pada setiap lilitan di sebelahnya seperti pada tali hijau toska dan palang berwrna kuning

Hasilnya seperti tali hijau toska, sudah rapi bagian bawahnya tidak ada lagi tali yabg lebih panjang. Setelah ini lakukan tehnik mengikat tali pada selang.
Tehnik mengikat akhirnya seperti pada tutorial di bawah ini
Setelah selesai di ikat potong selang, dan masukkan dalam kaitan lonceng, kencangkan murnya dengan obeng, dan pasangkan dengan ring bundar. Gagang super cantik sudah bisa dibawa jalan-jalan.

Selamat mencoba, semoga mudah dipraktikan. 












Tidak ada komentar:

Tas macrame dan cara membuatnya

 Kemarin banyak yang tanya tentang mahalnya bahan tas macrame, nih di hom kita ada solusinya mom, bekerjasama dengan shopee ini dia beberapa...