ads

Jumat, 16 Maret 2018

Cara membuat bunga macrame mudah dan menyenangkan

Aplikasi macrame kali ini adalah, bagaimana caranya kita membuat bros/hiasan bunga dengan tehnik macrame.
Alat dan bahan yang di butuhkan
+Untuk membuat bros macrame gunakan benang nilon 30 d yang biasa untuk tas rajut,
+ Siapkan penitinya.
+ Untuk aksesoris tas talikur gunakan, talikur/tali cina 3 mili mm, yang bisa di beli fanpage fb houseofmacrame
+ Gunting
+Jarum pentul untuk media penjepit tali
+Korek api
Hal yang pertama dilakukan adalah memotong tali menjadi beberapa bagian dengab panjang -+ 50 cm
Ini contoh bros/aksesoris yang akan kita buat.

Bagian pertama, menyiapkan tali, carilah media yang gampang untuk di tancapkan jarum pentul, bisa dengan menggunakan stereofom atau yang lainnya, siapkan 2 warna tali. Kemudian ikat tali pada sebuah palang seperti gambar no 2, yang di beri tanda x adalah palangnya dan yang di beri tanda o adalah tali untuk melilit.
 Lilit tali untuk mendapatkan ikatan yang lebih kokoh, mirip seperti tehnik lark heads bedanya dengan ini, 1 tali 2 kali lilitan.


Tambahkan tali yang lainnya dengan posisi horizontal, ikat dengan tehnik lilitan pada 2 bagian tengah terlebih dahulu,  kemudian kebagian pinggir kiri dan kanan. Warna yang di gunakan pada tali ke 2 berbeda untuk memunculkan gradasi warna pada bunga.

Pada gambar no 7 tali yang menghadap vertikal ada 4 tali, nah sekarang ambil 2 tali paling tengah lilitkan masing-masing pada sebelah tali, hasilnya seperti pada gambar no 8. Akan ada lubang yang tersisa, dan tali yang menghadap horizontal bertambah menjadi 3 buah tali,

Kemudian pada gambar no 9 dan 10. Tutup tali yang menghadap vertikal dengan melilit pada bagian tali sebelahnya. Sehingga nanti talinya bisa digunakan untuk membuat bentuk kelopak bunga yang lain.
Tarik 1 tali ke atas untuk membuat lilitan, kemudian ambil tali dibawahnya buat lilitan lagi. Pada gambar 11 ada 12 tali pada tanda silang dan bundar maksudnya tali yang pada tanda silang sebagai tali untuk di lilit dan tali pada tanda silang sebagai palangnya.
Pada gambar no 13 tali yang berada tanda silangnya sebagai tali palang, akan dililit oleh 4 tali, sehingga akan menghasilkan kelopak bunga. Seperti pada gambar 14.
Lakukan hal yang sama seperti cara yang pertama, tali tanda silang sebagai palang, dua tali dililit ke palang. 
 Kemudian tutup bagian ujung kelopak bunga dengan melilit tali selanjutnya. Ulangi cara seperti ini sampai beberapa kali.
Ada 5 kelopak bunga yang sudah jadi.
 Kelopak bunga yang di buat berjumlah 6 buah, dan yang terakhir adalah menutup kelopak bunga, caranya seperti pada gambar 21, ambil 1 tali palang dari sisi kanan, masukkan pada sisi kiri, tarik talinya agar merapat ke bagian bunga sebelahnya, balik posisi bunga seperti gambar 22. Tarik untuk merapatkan
 Kemudian buat selang seling antar tali, dan lilit, sisanya tinggal dipotong kemudian bakar dengan korek api, tambahkan peniti dan bros siap di pakai.
Selamat mencoba, semoga hari jumat ini ilmu macramenya bertambah, dan di permudah mengikuti tutorial yang di share disini. 






Tidak ada komentar:

Tas macrame dan cara membuatnya

 Kemarin banyak yang tanya tentang mahalnya bahan tas macrame, nih di hom kita ada solusinya mom, bekerjasama dengan shopee ini dia beberapa...