ads

Selasa, 05 Juli 2011

Motif Blunder ala Dian


Macream Bags :
Harga : RP. 120.000
Lebar : 31 cm
Tinggi : 22 cm
Motif : blunder
Warna : hitam 









Motip blunder yang cantik.
Ini motif saya namakan motif blunder ala Dian, nggak tau kalo udah ada yang buat terlebih dahulu, tapi saya belum pernah liat. Motif ini salah satu dari sekian motif hasil uji abal-abal saya *kenapa saya bilang abal-abal, karena ini motif coba-coba, mutar-kiri mutar kanan tali kur eh dapet ini. Motif ini pada dasarnya menggunakan tehnik yang sangat mudah, Cuma tinggal muter kearah kiri dan kanan kemudian tengahnya di satukan untuk membentuk titik. Lakukan secara rapi sampai panjang yang di inginkan, motif ini terkesan rapi dan anggun karena bentuknya yang seragam dan tidak terlalu rame, cocok buat ibu-ibu, remaja ataupun wanita dewasa.
Boleh di bilang menganyam tali kur membentuk sebuah tas gampang-gampang susah, karena selain ketekunan yang di butuhkan, di butuhkan juga kreatifitas yang tinggi agar hali anyaman yang didapatkan tidak monoton. Karena pada dasarnya sesuatu yang bagus itu adalah sesuatu yang berkembang terus menerus, begitu juga dengan motif tali kur ini. *jangan sampe keluar tema, mari balk lagi ke motif tali kur model blunder ini. Cara membuat detilnya akan di jelaskan nanti di bawah. Sampe ketemu dalam posting yang ke dua.



Membuat tas tali kur motif blunder.
Hal pertama yang harus disiapkan untuk membuat sebuah tas adalah peralatan dan bahan yang di gunakan, perlengkap alan dan bahan agar pada saat membuat tidak repot mencari-cari kekurangan.
Alat:
  1. Guntingà di gunakan untuk memotong panjang tali kur,
  2. Korek apià digunakan untuk menyambung tali kur yang satu dengan yang lainnya, kekuatan sambungan menggunakan api iniboleh di adu kuatnya..
  3. Aksesorisàaksesoris ini untuk mempercantik tali kur, bias seperti besi atau manic-manik, sesuaikan aksesoris dengan tas agar tidak terkesan norak.
  4. Meteranàmeteran sangat di butuhkan untuk mengukur panjang dan lebar tas yang akan di buat.
  5. Jarumà digunakan untuk menjait daleman tas dan untuk menempel aksesoris
  6. Benangàdigunakan untuk aksesoris dan menjait daleman tas
Bahan:
  1. Tali kur
  2. Puring
  3. Busa untuk daleman tas
  4. Resleting



Tips membuat tali bundar:
  1. Hal pertama di lakukan adalah mengukur tali kur yang akan di buat untuk tali bundar sepanjang 70 cm di butuhkan tali kur sepanjang +_300 cm *ukuran tali sesuai selera.
  2. Potonglah tali kur menjadi 4 bagian kemudian ikat mati disalah satu ujungnya.
  3. Mulailah membuat dengan meletakkan tali kur yang sudah di ikat mati detangan sebelah kiri*aturan ini tidak berlaku bagi yang kidal. Lihat gambar no 1, pegang sebuah tali kur tarik ke jempol. Tarik tali kur ke tali kur lainnya, lihat gambar no 2, di ambil satu pertasu kemudian di masukkan lagi ke belakang jempol seperti gambar no 5. Setelah itu tarik tali kur agar berbentuk rapi, lakukan terus menerus sampai sepanjang 70 cm.

  4. Setelah tali bundar jadi, bukalah ikatan tadi dan tali bundar siap disatukan menjadi tali tas.




Cara membuat motif awal :
Hal yang paling basic dalam seni merajut kur ini adalah motif seperti gambar no 7 *saat saya menulis ini saya belum tau nie motif namanya apaan, jadi unuk membuatnya jelas saya namakan motif no 7; #maaf ya buat yang nyiptain motif ini, habis saya nggak tau namanya.
  1. Siapkan dua buah tali kur seperti gambar no 1.
  2. Ambil tali kur yang sebelah kiri *sebelah kanan juga boleh tergantung selera, buatlah seperti gambar no 2.
  3. Kemudian tarik seperti gambar no 4 *apabila tidak berbentuk seperti gambar no 4 maka anda dikatakan gagal,
  4. Lakukan sekali lagi, buat tadi yang mulai sebelah kanan sekarang ganti kiri, begitupun sebaliknya sampai membentuk seperti gambar no 6.
  5. Tarik tali kur untuk membentuk seperti gambar no 7, jangan tarik keras-keras, tarik pelan-pelan saja agar bentuknya terpancar *jiahhhh sinar mata hari kale.^_^.
  6. Buatlah motif no7 sebanyak 38 buah untuk membuat tas macrem seperti di atas.



Menyambung tas Kur:
Lihat gambar di atas kan?. Sambung motif no 7 tadi mebentuk motip bagian atas *liat tanda panah merah, cara menyambungnya sama, nggak ada bedanya, lakukan sebanyak 38 kali, maka akan terbentuk sebuah lingkaran, lakukan terus agar motif terlihat jelas.


Membuat motif blunder:
 
Hal-hal yang di lakukan:
  1. Ambilah empat buah tali kur, empat kea rah kiri dan empat kearah kanan.
  2. Kemudian putarlah tali kur tersebut seperti gambar no 2, tiap satu kali tali kur di putas dua kali, jadi sebanyak dua buah tali kur terdapat 4 buah putaran, lakukan hal yang sama pada tali kur yang kedua baik yang kiri maupun yang kanan lihat gambar no 3.
  3. Setelah itu bagian tengahnya diambil empat buah kemudian dibuat seperti motif no 7 untuk memberikan titik pada tengah motif blunder.
  4. Ulangi lagi untuk membuat bawahnya, maka akan menghasilkan motif blunder yang cantik dan indah
  5. Selamat mencoba dari Dian sispayani ^_^
 



2 komentar:

Anonim mengatakan...

hehehehehhe

Anonim mengatakan...

keren banget nih ^_^

Tas macrame dan cara membuatnya

 Kemarin banyak yang tanya tentang mahalnya bahan tas macrame, nih di hom kita ada solusinya mom, bekerjasama dengan shopee ini dia beberapa...